The Art of Cellphone Photography

In [StRiders]

Cellphone photocrappy? *eh photography

Motography Jupiter K750 shootupnride.com

Apa pentingnya bahas soal kamera satu ini? Bukankah kamera HP yang kebanyakan mutunya pas-pasan itu biasanya dipakai untuk narsis sendiri, bareng pacar, temen, ato mungkin selingkuhan (terus ditaruh di folder rahasia ber-password).

Kalo nggak begitu paling juga dipakai untuk capture tugas & catatan kuliah temen (persis kayak yang saya lakukan kemarin….Semoga Bokap & Nyokap nggak baca).

Sebenernya, kamera HP juga alat yang bisa dipakai buat menyalurkan hobi kita di bidang fotografi “cukup” serius, dalam lingkup SnR tentunya motret motor dan hal lainnya. Tapi mungkin pertanyaan-pertanyaan, bukannya selama ini foto-foto yang kami sajikan di SnR berasal dari kamera “serius“? (baca : DSLR).

Shootupnride Road Vessel Arashi Shogun Gracia Bandung

Yah, mungkin demikian. Admin-admin SnR (Saya tegaskan dulu, saya bukan admin, tapi wordsmith alias kontributor tulisan paruh waktu) memang memakai DSLR karena DSLR spesifik buat memotret objek secara “enak” dan “dalam” sesuai konteks.

…Bukan berarti kalo kita memakai kamera HP lalu hasilnya jauh lebih jelek dibanding DSLR. Mungkin penggambarannya begini :

“Apakah perlu motor canggih dan keluaran baru untuk bersenang-senang?”

Supra Fit Shogun 110 Speedometer shootupnride.com

Saya rasa, kalian punya jawaban masing-masing akan pertanyaan itu. Bagi saya, mengendarai motor “biasa” bukan berarti sulit untuk senang-senang. Nah, jalan pikiran seperti itulah yang saya terapkan di bidang fotografi.

Bagi saya, pake kamera apapun bukanlah masalah. Yang kita butuhkan untuk mendapatkan foto bagus sebenarnya simple; Kamera (apapun), ide-ide segar dan otentik, konsep, dan yang terpenting : Usaha, kemauan dan semangat untuk terus belajar dan ngulik.

Suzuki Shogun motorsayatromol shootupnride.com

There’s quote : “Start here, start near”. Kalo sekarang yang kita punya hanya kamera HP, ya mulai dulu dengan kamera HP. Masalah objek foto? jangan jauh-jauh, foto aja motor milikmu & disekitarmu. Jangan keburu minder kalo tipe motor anda “cuma” sebuah bebek. Kru SnR juga suka makan bebek, terutama yang goreng *eh, maksudnya kita juga pakai motor bebek buat daily bikes.

Saya percaya, bahwa dari satu objek yang terlihat biasa, dapat mewujudkan gambar yang bagus. Asal dibarengi usaha dan ngulik. Sebaliknya, objek bagus tapi eksekusi tidak mulus & dalam, hasilnya saya jamin tidak se-enak foto dengan objek biasa yang enak diliat.

Trust me, I’ve seen one, and not impressed, even though the bike was a good-looking one :/

Honda Supra Fit shootupnride.com

Ini ada sedikit tips dari saya yang sudah rasakan manfaatnya : Dalam kamera HP modern, pasti ada opsi penyetelan seperti Exposure, White Balance, sampai ISO Setting. Nah, coba maksimalkan setingan-setingan itu sesuai kondisi lingkungan saat memotret. Well, di beberapa kamera HP ada juga yang pilihannya lebih sederhana, seperti di BB Curve 9220 punya Dhey yang pilihannya antara mode Siang, Malam, dan Lupakan Saja.

Inti dari setingan-setingan itu, sebetulnya adalah pengaturan cahaya. Sedangkan soal angle, komposisi foto, sampai kalau menuju tahap editing, harus kita ulik sendiri sesuai taste kita. Learn it by doing it, and you will understand it.

KYT RC7 shootupnride.com

Diantara kru SnR, saya belum punya DSLR. Bermodal Nokia 5630 (3.2mp) dan Nokia C6 (5mp, yet ain’t twice better than 5630), saya berusaha terus belajar, ngulik, dan eksplor.

Even Dhey pun memulai potret-memotret dengan HP sederhana : Sony Ericsson K750i 2mp yang ia gelari sendiri “Slide & shoot, instant kill”. Kenapa demikian, googling saja, nanti akan tahu…

Dhey’s Insta-Beast in Action

Sudah lihat kan hasil foto-foto dia di SnR? Sejarah fotografi SnR berawal dari kamera HP. Dari kamera HP-lah yang membangun dasar imaging buat dia. Dhey tidak langsung pakai DSLR untuk keperluan fotografi. Jadi…

…Tidak usah memaksakan diri (atau orang lain) beli SLR saat masih belajar, just what use what you have. Dengan memakai kamera HP, kita belajar untuk adaptasi dengan keterbatasan alat dan melatih sense kita dalam melihat objek-objek, juga belajar tegar & realistis dengan keadaan.

BTW, seelain beberapa foto diatas, masih ada lagi hasil ngulik saya yang khusus dipersembahkan untuk anda, fellow Striders yang ingin menaklukan keterbatasan alat dengan ide-ide segar dan niat buat ngulik. ENJOY (dan ingat, tetap belajar tegar & realistis)

Pertama-tama adalah hasil karya saya, dengan Nokia 5630 :

Honda CBR150R Old Black shootupnride.com
I named this picture “Blue Diamond”, you know what I’d want to shows right?
Yamaha Vixion Lightning shootupnride.com
“Melihat Ke Depan”
“Bro, I can’t see your face, turn around!”
Honda CBR250R C-ABS shootupnride rotor disk brake
“Who says we can’t capture the detail with cellphone cam?”

Untuk menambah semangat kalian mengulik kamera HP, sekarang saya tunjukan senjata perang saya lainnya, Nokia C6. Tetap tegar dan kalau takut, pegangan.

KYT RC7 Black Campus shootupnride.com
“Kesibukan Parkiran Kampus”

See? Tidak ada ketentuan khusus dalam mencari & membuat foto yang bagus. Gunakanlah alat yang ada, terus bersemangat & ulik terus, sekalipun memakai kamera HP.

Bagi Shootupnride, menjadi Striders isn’t limited to tools, its about you & your appreciation to your world. Tetap tegar & realistis fellow Striders, kami menunggu hasil-hasil jepretan HP-mu di SnR!

32 Comments

  1. Kadang pas sengaja mau motret, hasilnya biasa aja. Tapi giliran momen dadakan, justru malah lebih enak diliat (walau cuma menurut pendapat pribadi aja sih) :)

  2. masbro you know any cellphone with HIGH megapixel camera and LOW price? :lol:

    betul gak inggrisnya? btw yg hp seken ya harganya dibawah 400rb an :D :mrgreen:

    • *eh, bukannya dah ada SLR kan mas?

      again..pake aja yang ada..kalo emang telanjur dah ada SLR ya ngapain lagi nyari2 hape dengan tujuan pengen dapet kameranya? :mrgreen:

        • sekarang pake hape apa?
          *pake aja yang ada dulu

          besar kecilnya mpix di kamera hape ngga selalu menentukan bagus-ngganya hasil fotonya. Tuh yang diatas, hape saya yang 3.2 mp sama yang 5 mp juga ga jauh beda kan :wink:

          *dan btw, artikel ini bisa ketulis salah satunya karena mas juga. Masih inget sama pertanyaan mas yang nanya2 lensa ke Dhey?
          itu mengingatkan kami bahwa kita semua terkadang masih tergantung sama alat…padahal kan bisa aja kita siasati itu dengan kemauan, ya ngga? :grin:

          • pake 5220 bang vincent, 2 mp kameranya hehe :mrgreen:

            iyaya keren juga, berarti asal ada kemauan aja ya hehe :mrgreen:

            oalaaah garagara ane juga, jadi malu saya :lol: iya inget bang hehe, btw admin snr ini ada brp ya?

          • cukup 5220 juga kalo mau ngulik mah :mrgreen:

            yep..komentarnya mas jadi inspirasi kami. Karena kami percaya, kebanyakan orang mikir gitu. Jadi kami rilis tulisan ini buat ngasih keyakinan sama orang2 yang berpikiran seperti mas.

            ada 2 seinget saya, Reyhan dan Dhey :smile:
            *saya cuma kontributor lepas aja, tapi tetep bagian kru SnR

          • kalo menurut saya mah kamera terbaik itu ya kamera yg kita punya om aulia, mau kamera hp butut sampe dslr super mahal kalo gk bisa makenya ya percuma… terus terang hobby jepret2 saya juga berawal dari kamera hp, apalagi ditambah ada lapak SnR ini, dikasih racun pula sama kru nya, oalaaaahh makin pening kepala ini pengen ngulik terus walaupun cuman bersenjatakan kamera hp sama kamera saku… btw, saya salut sama om ken ini, berani ngulik lebih jauh soal kamera hp yg oleh sebagian orang cuman dianggap maenan, tapi hasilnya bisa “wah” mantap dah..

          • *dan kata 2 admin SnR, kamera terbaik adalah yang dipunyai teman akrabmu
            (karena bisa pinjam)…….

            tks mas, sebetulnya ilmu saya masih kurang banget. Masih pada taraf nyoba2 dan ngulik. Tapi ya semoga kedepannya lebih baik lagi :mrgreen:

  3. itu kenapa, hp jadul ku sampe sekarang masih di pertahankan, walaupun kadang suka mati2 sendiri, efek di pake poto2 pas hujan hehehehe….
    *alibi sih karena lom bisa beli hp lagi :p

  4. Intinya kita syukuri apa yang kita punya dulu ea ms… Soal bagus atau engaknya hasil fotonya itu nanti yang penting berlatih dan terus berlatih dengan apa yang kita miliki.

Submit a comment